Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Macam-macam batik

Batik Kartini

Batik Kartini atau disebut juga Batik Jepara adalah batik yang bermotif sesuai motif batik buatan Kartini. Duta Batik pertama adalah Kartini karena beliau pernah mengirim batik kepada temanya di Belanda.
Seni batik di Jepara telah ada sejak era Kartini sesuai isi buku karya Rouffoer yang sudah diterjemahkan, yakni Kesenian Batik di Hindia Belanda dan Sejarahnya. Dalam buku itu disebutkan, RA Kartini pernah mengirim cenderamata ke Belanda berupa kain batik khas Jepara dan Tenun Ikat Troso. Sudah ada satu abad lebih era batik Jepara hilang dari peredaran. Batik sejak dahulu hingga sekarang masih dikerjakan oleh kalangan ibu-ibu. Maka dari itu tidak salah jika batik ini lebih dekat dengan seni ibu.

 

BATIK JEPARA

  Berawal dari keinginan untuk mengembangkan Tenun Ikat menjadi lebih bernilai seni tinggi dan tiadak monoton.
Seorang pengrajin tenun P.HUDA (pemilik house of hoedas) mennncoba menggabungkan tenun dengan bordir, tenun dengan jumputan,dan tenun dengan batik.
Dengan tidak meninggalkan keasliannya, semua ada khas tenun ikatnya.
untuk memajukan usaha batiknya. p.HUDA mempercayakan pada istrinya untuk mengelola.
Dengan alasan beliau sudah menjalankan usaha tenunnya, namun desain masih tetap menjadi tanggung jawabnya.
Dengan harapan usaha tenun dan batiknya bisa maju bersama.
Batik TROSKAR merupakan satu-satunya usaha batik tulis yang ada di desa Troso kecamatan pecangaan kabupaten Jepara.
semoga batik troskar bisa menambah catatan dalam produk unggulan jepara, sehingga jepara tidak hanya terkenal denagan ukiranya.
jepara adalah kota kecil yang banyak mempunyai produk2 unggulan diantaranya ; ukiran, bordir, tenun, gerabah, krupuk tengiri, kacang open, sentra patung, dan juga batik,.


Batik Solo Trans

 Batik Solo Trans merupakan BRT yang ada di Surakarta.Sebelum BST beroperasi adalah bus Damri A. Semenjak BST beroperasi bus Damri (jalur A) dipindah ke jalur B dan BST beroperasi di jalur A. Bus BST melayani jurusan Berangkat dari Palur-Jurug-UNS-RS Muwardi-Pasar Gede-Gladak-Kustati-Gading-Sraten-Jamsaren-Tipes-Bayangkara-Baron-Gendengan-Purwosari-Kleco-Pabelan-Kartosuro. Kembali Kartosuro-Pabelan-Kleco-Purwosari-RS Kasih Ibu-Gendengan-SGM-Sriwedari-Nonongan-LP-Gladak-Balai Kota-Pasar Gede-RS Muwardi-UNS-Jurug-Palur. Rencananya bus ini akan menggunakan kartu pintar untuk membayar ongkos bus, namun sementara ini masih memakai karcis yang langsung dilayani oleh kondektur. Saat ini jumlah halte BST ada 35 rencananya 51 halte tetapi ada halte portabel,jadi waktu dia tempuh lebih singkat,contoh halte Sangkrah biasanya tempat transit Bus luar kota dari Terminal Tirtonadi yang jurusan Sukoharjo,Wonogiri,Pacitan bahkan sampai Ponorogo. Untuk umum RP.3000,- dan pelajar RP.1500,-. Saat ini Batik Solo Trans juga melayani penumpang hingga Bandara Adisoemarmo.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

Free Dog Run Cursors at www.totallyfreecursors.com