Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Akulturasi yang tercipta lewat seni dan Budaya, serta Sosial


Yogyakarta kota yang memiliki beragam suku dan budaya, tak salah jika mendapat julukan miniature Indonesia, hal ini terlihat dengan begitu banyaknya budaya dari seluruh penjuru nusantara ini ada di kota ini. Budaya ini berkembang seiring dengan kota Yogyakarta yang terkenal dengan kota pelajar dimana tak sedikit para pelaku seni dan budaya adalah para penimba ilmu tersebut. Selain itu beberapa suku juga ada di kota ini, tak terkecuali komunitas Tionghoa. Beberapa komunitas Tionghoa ini menjadi salah satu warna dalam dalam budaya di kota ini. Beberapa tempat di kota ini menjadi kawasan pecinan atau china town seperti halnya Ketandan.
Komunitas komunitas ini sebenarnya sudah ada sejak dahulu seiring perkembangan bangsa Indonesia, namun sempat tidak diperkenankan untuk ditampilkan. Namun semenjak pemerintahan Gus Dur yakni tahun 1999 maka komunitas komunitas tersebut kembali eksis. Di Yogyakarta sudah ada kurang lebih paguyuban atau perkumpulan diantaranya :
  1. Yayasan Bhakti Loka dimana yayasan ini dalam kegiatannya berkecimpung dalam masalah social diantaranya dengan mendirikan poliklinik gigi di sebelah secretariat Yayasan Bhakti Loka di Jl. Poncowinatan Yogyakarta dan juga masalah masalah social lainnya.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

Free Dog Run Cursors at www.totallyfreecursors.com